Upaya timnas Indonesia dalam berlaga pada Piala Dunia 2022 sepertinya akan melalui usaha yang sangat berat. Pasalnya, Indonesia yang bergabung dengan para negara-negara berat di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 bersamaan dengan Malaysia, Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab.

Seperti informasi yang sudah beredar bahwa pada babak pertama kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia sudah selesai. Untuk itu AFC melakukan pengundian untuk babak kedua.

AFC

Indonesia yang termasuk dalam pot 5 dalam pengundian ini. Timnas Indonesia dan 39 negara yang telah lolos pada babak pertama dan melanjutkan perjalanan ke babak kedua ini akan dibagi ke dalam delapan grup yang nantinya akan mulai bertanding pada bulan September nanti.

Berdasarkan dari hasil undian tersebut, Indonesia termasuk dalam grup G. Nampaknya anak asuh Simon McMenemy itu harus berusaha lebih, pasalnya perjuangan Timnas sangat berat agar dapat lolos ke babak ketiga.

Simon McMenemy

Apabila menurut hasil pada undian tersebut nantinya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan beberapa kuat seperti Malaysia, Thailand, Vietnam dan Uni Emirat Arab untuk memperebutkan tiket ke babak ketiga nanti.

Grup ini tergolong klub-klub yang susah untuk ditaklukan, karena tiga tim lainnya merupakan tim-tim kuat asal Asia Tenggara ditambah dengan salah satu tim terkuat di Asia.

Berpacu pada data yang dikeluarkan oleh AFC,bahwa pertandingan akan digelar pada tanggal 5 September 2019 mendatang, yaitu pertandingan pertama fase grup G ini.

Sejarah Timnas

Dalam sejarah Timnas Indonesia, Timnas Indonesia pernah sekali menembus putaran final Piala Dunia. Yaitu pada 1938 silam, atau edisi ketiga Piala Dunia. Namun, Timnas Indonesia masih memakai nama Dutch East Indies.

Dutch East Indies atau Timnas Indonesia lolos ke putaran final Piala Dunia 1938 setelah Jepang mundur pada babak kualifikasi

Dutch East Indies tergabung di Grup 12 babak kualifikasi bersama Jepang. Hanya diisi dua negara, otomatis setelah Jepang mundur, Dutch East Indies melenggang ke Piala Dunia 1938 pada saat itu.

Pada era itu juga dikarenakan minimnya perwakilan dari Asia dan hanya dua negara yang ikut pada babak kualifikasi Dutch East Indies mencatatkan dirinya sebagai satu-satunya wakil dari Asia di Piala Dunia 1938., yaitu Dutch East Indies dan Jepang.